Rabu, 04 April 2012

THE JAK MANIA vs BOBOTOH

Jika ada orang yang mempunyai ide agar dua kelompok suporter terbesar di indonesia yang telah lama bermusuhan yaitu THE JAK MANIA (suporter PERSIJA) dan BOBOTOH (suporter PERSIB) mungkin gua adalah orang pertama yang menyetujui itu. mengapa?
THE JAK MANIA adalah salah satu kelompok terbesar di indonesia. mereka adalah kelompok suporter fanatik dari salah satu club ibu kota indonesia PERSIJA JAKARTA.komunitas suporter yang selalu tampil nyentrik ini berdiri pada 19 desember 1997. pada saat itu di ketuai oleh Gugun Gondrong.


sedangkan bobotoh berdiri pada17 juli 1993 yang di ketuai oleh Ayi Beutik. awal nya kedua kelompok suporter ini berteman ketika persija bermain di bandung the jak mania selalu hadir di dalam stadion begitu pula bobotoh yang selalu hadir saat persib bertandang di jakarta. belum lama 'sang pangeran' bobotoh ayi beutik pernah menceritakan awal mula terjadinya permusuhan bobotoh dengan the jak mania.
ketika itu saat partai persija vs persib di gelar di bandung, ada seorang vikers yang bertanya kepada ayi beutik kurang lebih seperti ini "kalo misalkan ada the jak yang tidak sopan bagaimana?'' ayi beutik menjawab ''pukul mundur aja" nah di situlah terjadi kesalah pahaman, maksutnya pukul mundur di artikan dengan kekerasan oleh beberapa oknum bobotoh. anggota the jak mania yang ketika itu belum terkordinasi dengan baik terpecah pecah dan mulailah terjadi gesekan-gesekan antara the jak dan bobotoh.
sampai saat ini pun api permusuhan tak henti-henti nya padam. di tambah lagi dengan saling melemparkan kata-kata hinaan di beberapa jejaring sosial. tak sedikit juga nyawa yang telah melayang akibat permusuhan ini.
gua sebagai the jak juga pernah merasakan bersitegang dengan si biru. ini buat pengalaman kita semua khususnya the jak mania, kita suporter dewasa.. kita ga perlu mencari cari permusuhan. ayolah balas dendam ga menyelesaikan masalah. buat seluruh suporter, buat apa sih kita rusuh? ga ada untung.nya ! gua pengen suatu saat THE JAK MANIA dan BOBOTOH bisa duduk bersama di satu stadion mendukung tim kebanggaan masing masing. persaingan boleh panas, adu gengsi boleh unjuk gigi, kita bersaing dengan sehat kita tunjukan siapa yang suporter kreatif. kita bersaing dengan prestasi bukan dengan 'uji nyali'. buktikan kepada semua "bola kita ga rusuh ! bola kita bermutu !"...
sekian...semoga bermanfaat ...
SA.JE.TE





Tidak ada komentar:

Posting Komentar